Entri Populer

Selasa, 03 Februari 2009

Potensi wilayah Selandia Baru

SELANDIA BARU

Ibu kota

Kota terbesar

Bahasa resmi

Pemerintahan

Ø Kepala negara

Ø Gubernur jenderal

Ø Perdana menteri

Kemerdekaan

-Date

Wilayah

Ø Total

Ø Air

Penduduk

Ø Perkapita 2005

Ø Sensus 2001

Ø Kepadatan

PDB ( PPP )

Ø Total

Ø Perkapita

Mata Uang

Wellington

Auckland

Inggris, Maori

Monarki konstitusional

Ratu Elizabet II

Dame Silvia Cartwright

Helen Clark

Dari Britania Raya ( Inggris )

26 September 1907

268.680 km2 ( 73 )

2,1 %

4.098.200 ( 119 )

3.737.277

15 jiwa/ km2 ; ( 163 )

Perkapita 2004

US$ 96,18 milyar ( 57 )

US$ 23.897 ( 24 )

Dollar Selandia Baru ( NZD )

Selandia baru yang dalam bahasa maori disebut Aotearoa ( artinya tanah awan putih panjang ), adalah sebuah negara kepulauan di barat daya samudera pasifik ditenggara Australia. Negara ini terdiri dari dua pulau besar dan beberapa pulau kecil lainnya. Selandia baru adalah negara demokrasi parlementer dan sebuah wilayah persemakmuran Britania (commonwealth realm). Selandia baru bertanggung jawab atas negara pemerintahan-sendiri.

Kepulauan cook dan Niue serta mengatur tokelau dan dependensi ross. Ibu kota Selandia Baru adalah Wellington (41o 17’LS 174o 47’ BT). Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Inggris dan bahasa Maori.

Nama selandia baru diambil dari provinsi Zeeland di belanda nama ini diberikan oleh Albert Tasman seorang penjajah dari Belanda. Politik persemakmuran Australia adalah sebuah Monarki Konstitusional dan sistem pemerintahannya Parlementer. Ratu Elizabeth II adalah ratu Selandia Baru, namun tugas ratu diwakili oleh seorang gubernur-jenderal Selandia Baru. Kepala negara sekarang adalah Dame Silvia Cartwright dan perdana menterinya adalah Helen Clark.

Ada terdapat tiga cabang pemerintahan :

Ø Legeslatif : parlementer yang terdiri dari gubernur-jenderal, senat, dan dewan perwakilan.

Ø Eksekutif : Dewan Eksekutif Federal ; sang gubernur-jenderal dinasehati para penasehat eksekutif, yang terdiri dari perdana menteri dan para menteri. Biasanya para gubernur-jenderal tidak akan menolak nasehat-nasehat tersebut.

Ø Kejaksaan : Mahkamah Agung Selandia baru dan pengadilan-pengadilan federal lainnya.

DEMOGRAFI

Selandia baru memiliki populasi sekitar 4 juta. Sekitar 80% dari populasinya adalah keturunan eropa. Suku maori adalah grup etnik kedua terbesar (14,7%). Sekitar 1996 dan 2001, jumlah orang asia (6,6%) melewati orang kepulauan pasifik (6,5%).

Kristen adalah agama dominan di Selandia Baru, meskipun hampir 40% populasinya tidak memiliki agama. Denominasi utama Kristen adalah Anglikan, Presbiteranian, Katolik Roma, dan Methodist. Ada juga sejumlah orang yang menyebut mereka Gereja Pantekosta dan Babtis dan juga Mormon. Gereja Ratana yang berbasis di Selandia Baru memiliki banyak pengikut diantara orang Maori. Menurut hasil sensus, agama minoritas lain termasuk Hindu, Budha, dan Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar