Entri Populer

Kamis, 29 Januari 2009

Geografi Program IPS

UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
G E O G R A F I
PROGRAM STUDI IPS
PANDUAN MATERI
SMA DAN MA
PUSAT PENILAIAN PENDIDIKAN
BALITBANG DEPDIKNAS
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS i
KATA PENGANTAR
Dalam rangka sosialisasi kebijakan dan persiapan penyelenggaraan Ujian Nasional
Tahun Pelajaran 2007/2008, Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Depdiknas
menyiapkan panduan materi untuk setiap mata pelajaran yang diujikan pada Ujian
Nasional. Panduan tersebut mencakup:
1. Gambaran Umum
2. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
3. Contoh Soal dan Pembahasan
Panduan ini dimaksudkan sebagai pedoman bagi sekolah/madrasah dalam
mempersiapkan peserta didik menghadapi Ujian Nasional 2007/2008. Khususnya
bagi guru dan peserta didik, buku panduan ini diharapkan dapat menjadi acuan
dalam mewujudkan proses pembelajaran yang lebih terarah, sesuai dengan
Standar Kompetensi Lulusan yang berlaku pada satuan pendidikan.
Semoga buku panduan ini bermanfaat bagi semua pihak yang terkait dalam
persiapan dan pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2007/2008.
Jakarta, Januari 2008
Kepala Pusat
Burhanuddin Tola, Ph.D.
NIP 131099013
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS ii
DAFTAR ISI
Halaman
Kata pengantar ............................................................................. i
Daftar Isi ..................................................................................... ii
Gambaran Umum .......................................................................... 1
Standar Kompetensi Lulusan .......................................................... 2
Contoh Soal:
• Standar Kompetensi lulusan 1 ....................................................
• Standar Kompetensi lulusan 2 ....................................................
• Standar Kompetensi lulusan 3 ....................................................
• Standar Kompetensi lulusan 4 ....................................................
• Standar Kompetensi lulusan 5 ....................................................
• Standar Kompetensi lulusan 6 ....................................................
4
6
8
11
17
21
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 1
Pada ujian nasional tahun pelajaran 2007/2008, bentuk tes
Geografi SMA/MA Program IPS berupa tes tertulis dengan
bentuk soal pilihan ganda, sebanyak 50 soal dengan alokasi
waktu 120 menit.
Acuan yang digunakan dalam menyusun tes ujian nasional
adalah Kurikulum 1994, Kurikulum 2004, KTSP, dan standar
kompetensi lulusan Irisan.
Materi Geografi yang diujikan untuk mengukur standar
kompetensi lulusan tersebut meliputi:
• Hakikat, objek, ruang lingkup, prinsip, konsep, aspek dan
pendekatan geografi
• Prinsip-prinsip dasar membuat peta
• Komponen-komponen pada peta
• Menghitung skala peta
• Pemanfaatan citra dan SIG dalam bidang :
• Sumberdaya alam dan kehidupan
• Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan
memanfaatkan peta
• Litosfer (struktur lapisan kulit bumi, tenaga endogen dan
eksogen
• Hidrosfer (air tanah, perairan darat dan perairan laut)
• Pedosfer (kerusakan tanah dan penanggulangannya)
• Atmosfer (unsur cuaca dan klasifikasi iklim)
• Biosfer(sebaran flora-fauna dan pelestariannya)
• Antroposfer (pertumbuhan penduduk, komposisi penduduk
dan mobilitas penduduk)
• Industri (klasifikasi industri dan sebaran industri strategis)
• Pola keruangan desa-kota serta interaksi spasial desa dan
kota
• Indikator negara-negara maju dan negara-negara
berkembang
GAMBARAN UMUM
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 2
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
(SKL)
URAIAN
1. Memahami hakikat, objek, ruang
lingkup, prinsip, konsep, aspek dan
pendekatan geografi
• Hakikat, objek, ruang lingkup,
prinsip, konsep, aspek dan
pendekatan geografi
2. Menerapkan keterampilan dasar
peta/pemetaan dalam memahami
fenomena geosfer.
• Prinsip-prinsip dasar membuat peta
• Komponen-komponen pada peta
• Menghitung skala peta
3. Memahami pemanfaatan citra dan
SIG sebagai media informasi
fenomena geosfer.
Pemanfaatan citra dan SIG dalam
bidang :
• Sumberdaya alam dan kehidupan
• Menganalisis lokasi industri dan
pertanian dengan memanfaatkan
peta
4. Menganalisis dinamika unsur-unsur
geosfer serta kaitannya dengan
kehidupan manusia.
• Litosfer (struktur lapisan kulit bumi,
tenaga endogen dan eksogen
• Hidrosfer (air tanah, perairan darat
dan perairan laut)
• Pedosfer (kerusakan tanah dan
penanggulangannya)
• Atmosfer (unsur cuaca dan
klasifikasi iklim)
• Biosfer(sebaran flora-fauna dan
pelestariannya)
5. Menganalisis dinamika unsur-unsur
sosial dalam kehidupan sehari-hari.
• Antroposfer (pertumbuhan
penduduk, komposisi penduduk dan
mobilitas penduduk)
• Industri (klasifikasi industri dan
sebaran industri strategis)
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 3
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
(SKL)
URAIAN
6. Mendeskripsikan perkembangan
wilayah.
• Pola keruangan desa-kota serta
interaksi spasial desa dan kota
• Indikator negara-negara maju dan
negara-negara berkembang
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 4
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 1. Memahami hakikat, objek, ruang
lingkup, prinsip, konsep, aspek dan
pendekatan geografi
URAIAN Pendekatan geografi
INDIKATOR Disajikan suatu kasus, siswa dapat
menentukan pendekatan geografi
untuk membahas kasus tersebut
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 5
Sejak tahun 2000 Indonesia banyak mengalami bencana banjir. Pendekatan
geografi yang paling tepat digunakan untuk mengetahui persebaran,
interelasi (hubungannya dengan lainnya), dan banjir itu sendiri adalah ....
A. pendekatan regional
B. pendekatan keruangan
C. pendekatan ekologi
D. pendekatan kronologi
E. pendekatan sistem
Dalam ilmu geografi ada beberapa pendekatan yang digunakan untuk
membahas suatu gejala geosfer. Semua pendekatan dalam pilihan jawaban
dapat digunakan namun pendekatan tersebut merupakan adaptasi dari ilmu
lain seperti ekologi dan sistem dari ilmu lingkungan (biologi), kronologi dari
ilmu sejarah. Hanya pendekatan keruangan yang khas geografi. Melalui
pendekatan keruangan akan dapat diungkapkan bagaimana persebaran banjir
itu di ruangan (tempat), dan bagaimana interelasi banjir dengan aspek lain
seperti dalam kehidupan manusia, tumbuhan, serta akan mengungkapkan
banjir itu sendiri terjadi dimana dan apa penyebabnya.
No. Soal
1
Contoh Soal
B
Kunci
B
Pembahasan
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 6
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 2. Menerapkan keterampilan dasar
peta/pemetaan dalam memahami
fenomena geosfer
URAIAN Skala peta
INDIKATOR Disajikan informasi, siswa dapat
menentukan jenis pengetahuan
peta yang diperlukan untuk
membuat peta sesuai informasi
yang disajikan
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 7
Pada hari libur Siswa Kelas tiga mengadakan acara perpisahan ke obyek
wisata terkenal di dekat sekolah. Kemudian siswa disuruh untuk membuat
peta perjalanan. Untuk menggambarkan jarak sekolah dengan obyek wisata,
siswa menggunakan ....
A. simbol
B. legenda
C. skala
D. indeks
E. judul
Dalam membuat peta ada beberapa pengetahuan peta yang harus dikuasai
siswa seperti simbol, legenda, skala, indeks, judul, garis tepi. Untuk
menggambarkan jarak digunakan skala, sedang lainnya digunakan untuk
menggambarkan informasi dalam peta digunakan simbol, untuk mengetahui
arti simbol digunakan legenda, untuk mengetahui lokasi suatu wilayah dalam
atlas/peta digunakan indeks, dan untuk mengetahui apa yang digambarkan
dalam suatu peta digunakan judul.
No. Soal
2
Contoh Soal
C
Kunci
C
Pembahasan
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 8
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 3. Memahami pemanfaatan citra dan
SIG sebagai media informasi
fenomena geosfer.
URAIAN Manfaat sistem informasi geografi
INDIKATOR Siswa dapat menentukan manfaat
sistem informasi geografi
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 9
Sistem informasi geografi sangat bermanfaat dalam perencanaan
pembangunan. Yang termasuk manfaat sistem informasi geografi dalam
perencanaan adalah ....
A. data suatu tempat diketahui hingga dapat ditentukan apa yang
akan dibangun
B. lokasi yang diperlukan sudah diketahui hingga mudah dalam
membangun
C. hambatan pembangunan sudah diketahui lebih awal hingga
mudah membangun
D. obyek pembangunan sesuai dengan keinginan penduduk di daerah
perkotaaan
E. tempat pembangunan dapat diprediksi sejak menyusun informasi
yang diperlukan
No. Soal
3
Contoh Soal
A
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 10
Sistem informasi geografi merupakan suatu sistem yang bertugas untuk
mengumpulkan, mengatur, mengelola, menyimpan dan menyajikan data
(informasi) segala sesuatu yang berhubungan dengan geografi. Adanya data
atau informasi ini dapat digunakan untuk berbagai kepentingan seperti
perencanaan pembangunan, pendirian industri, pencegahan bencana,
pencegahan banjir atau kerusakan lingkungan, dan sebagainya. Dengan
data yang diperoleh akan lebih mudah menentukan apa yang akan dibangun
di suatu tempat karena segala sesuatu informasi yang diperlukan sudah
diketahui seperti kemiringan lokasi, penduduk, sumber daya dan
sebagainya. Dengan demikian mudah untuk menentukan apa atau obyek
yang akan dibangun dapat ditentukan dengan menganalisis hasil sistem
informasi geografi. Berdasarkan hasil analisis dapat ditentukan apa yang
akan dibangun.
Kunci
A
Pembahasan
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 11
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 4. Menganalisis dinamika unsur-unsur
geosfer serta kaitannya dengan
kehidupan manusia
URAIAN Litosfer
INDIKATOR Disajikan gambar, siswa dapat
menunjukkan bentukan yang
terjadi sebagai hasil dari proses
patahan
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 12
Gambar bentuk muka bumi
Bentukan B pada gambar terjadi akibat proses geologi yang disebut ....
A. patahan yang membentuk horst
B. patahan yang membentuk graben
C. lipatan yang membentuk horst
D. lipatan yang membentuk graben
E. tumbukan lempengan yang membentuk patahan
Dalam proses terjadi patahan ada bentuk yang terjadi yaitu lebih tinggi atau
lebih rendah atau merosot. Bentukan yang terjadi ke atas atau lebih tinggi
disebut horst atau lebih rendah disebut graben.
No. Soal
4
Contoh Soal
A
Kunci
A
Pembahasan
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 13
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 4. Menganalisis dinamika unsur-unsur
geosfer serta kaitannya dengan
kehidupan manusia
URAIAN Atmosfer
INDIKATOR Disajikan gambar, siswa dapat
menunjukkan bentukan yang
terjadi sebagai hasil dari proses
patahan
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 14
Gambar siklus hidrologi
Proses siklus hidrologi pada huruf A terjadi ....
A. penguapan
B. kondensasi
C. sublimasi
D. presitipasi
E. hujan
Dalam proses siklus hidrologi terjadi tahapan penguapan, sublimasi,
kondensasi, presitipasi atau hujan. Pada gambar menunjukkan tahapan awal
yaitu penguapan.
No. Soal
5
Contoh Soal
A
Kunci
A
Pembahasan
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 15
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 2. Menganalisis dinamika unsur-unsur
geosfer serta kaitannya dengan
kehidupan manusia
URAIAN Bosfer
INDIKATOR Disajikan peta Indoensia, siswa
dapat menunjukkan jenis hewan
yang terdapat di suatu wilayah
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 16
Perhatikan gambar
Hewan peralihan atau asli yang hidup di wilayah pada gambar di atas
adalah ....
A. kerbau dan trengiling
B. harimau dan biawak
C. anoa dan komodo
D. badak dan cenderawasih
E. gajah dan babi rusa
Di tinjau dari proses persebaran hewan di Indonesia digolongkan kedalam tiga
jenis yaitu hewan asiatis, hewan peralihan atau asli, dan hewan australis.
Sulawesi merupakan daerah hewan peralihan atau asli. Di daerah tersebut
terdapat hewan peralihan asiatis dan auatralis serta hewan asli Indoensia
yaitu komodo, anoa dan atau babi rusa.
No. Soal
6
Contoh Soal
C
Kunci
C
Pembahasan
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 17
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 5. Menganalisis dinamika unsur-unsur
sosial dalam kehidupan sehari-hari.
URAIAN Piramida penduduk
INDIKATOR Disajikan gambar, siswa dapat
menentukan jenis piramida
penduduk
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 18
Piramida penduduk
Jenis piramida penduduk pada gambar disebut ....
A. penduduk stasioner
B. penduduk muda
C. penduduk tua
D. komposisi tua
E. komposisi muda
Dalam piramida penduduk ada tiga yaitu piramida penduduk muda, penduduk
stasioner, dan penduduk tua. Contoh soal termasuk yang penduduk muda
seperti di Indonesia.
No. Soal
7
Contoh Soal
B
Kunci
B
Pembahasan
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 19
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 5. Menganalisis dinamika unsur-unsur
sosial dalam kehidupan sehari-hari.
URAIAN Jenis industri
INDIKATOR Disajikan gambar, siswa dapat
menentukan jenis industri yang
sesuai dengan gambar
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 20
Jika kita ingin mendirikan pabrik semen pada gambar, maka lokasi yang
tepat adalah ....
A. P
B. Q
C. R
D. S
E. T
Dalam gambar lokasi P lebih baik karena dekat dengan sumber bahan baku
yaitu bukit kapur dan dekat dengan pemasaran yaitu lokasi pemukiman serta
P merupakan lokasi perkebunan yang bila untuk pembelian lahan industri
relatif murah dan pencemaran lingkungan dapat dihindari.
No. Soal
8
Contoh Soal
A
Kunci
A
Pembahasan
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 21
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 6. Mendeskripsikan perkembangan
wilayah
URAIAN Negara berkembang
INDIKATOR Siswa dapat mengidentifikasi tiga
negara berkembang di kawasan
Asia
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 22
Di Asia terdapat negara maju dan negara berkembang. Negara yang
termasuk negara berkembang di Asia adalah ....
A. Polandia, Saudi Arabia, dan Afganistan
B. Jepang, Pakistan, dan Bangladesh
C. Singapura, Indonesia, dan Malaysia
D. Korea Selatan, China, dan Filipina
E. India, Vietnam, dan Thailand
Di kawasan Asia terdapat negara maju yaitu Singapura, Jepang, dan Korea
Selatan. Sedang negara-negara lainnya termasuk negara berkembang.
No. Soal
9
Contoh Soal
E.
Kunci
E
Pembahasan
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 23
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 6. Mendeskripsikan perkembangan
wilayah
URAIAN Negara maju
INDIKATOR Siswa dapat mengidentifikasi tiga
negara maju di kawasan Amerika
CONTOH SPESIFIKASI UJIAN NASIONAL
SMA/MA ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 24
Di Amerika terdapat negara maju dan negara berkembang. Negara yang
termasuk negara maju di Amerika adalah ....
A. Brazil dan Argentina
B. Meksiko dan Kuba
C. Argentina dan Kolombia
D. Amerika Serikat dan Kanada
E. Chili dan Paraguay
Di kawasan Amerka terdapat negara maju yaitu Amerika Serikat, dan Kanada.
Sedang negara-negara lainnya termasuk negara berkembang.
No. Soal
10
Contoh Soal
D
Kunci
D
Pembahasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar